Sport tourism atau bisa diartikan sebagai wisata olahraga makin digarap serius di sejumlah negara di dunia. Satu dari banyak sport tourism yang lagi naik daun ialah wisata lari, tergolong juga di Indonesia. Terdapat banyak wisata olahraga yang dilakoni wisatawan, mulai dari paralayang hingga surfing. Awalnya, wisata olahraga jadi satu kegiatan yang dilakoni wisatawan. Tapi sekarang, bermunculan banyak perlombaan olahraga yang di akhirnya jadi event sport tourism yang memboyong banyak wisatawan ke sebuah destinasi wisata yang belum banyak kunjungan. Sekitar satu dekade kemarin, wisata olahraga yang tersohor di dunia ialah sepeda. Beragam kompetisi balap sepeda punya banyak penggemar tersendiri dan mereka sudi traveling ke bermacam-macam lokasi digelarnya balap sepeda agar bisa menyaksikan keseruan darinya ini.

Sekarang, yang tengah naik daun di dunia ialah wisata olahraga di bidang lari. Bermacam-macam acara lari seperti lari 10 km hingga marathon bermunculan di sejumlah negara. Sebagian event bahkan telah terkencal di dunia dan dinanti-nanti wisatawan. Dari penglihatan kacamata pariwisata, wisata lari sudah jelas memotivasi meningkatnya praktek pariwisata. Traveler tak hanya datang tuk menonton lomba lari, tapi juga mereka musti menginap di hotel dan pula butuh makan alias wisata kuliner, hingga pulang ke tempat asal barangkali juga mereka belanja buah tangan lebih dulu. Itu Pasalnya wisata lari memberi dampak sedikit besar terhadap perkembangan wisata di sebuah destinasi. Beribu-ribu wisatawan bisa berkunjung dari berbagai negara hanya tuk menonton lomba lari, separuh bahkan sengaja datang tuk berpartisipasi didalamnya.

Situs MarathonGuide.com sudah punya data dan mencatat ada lebih dari angka 500 event marathon di seantero dunia tiap tahunnya. Beberapa event marathon telah begitu terkenal misalnya seperti event Boston Marathon di AS ataupun Berlin Marathon di Jerman. Akan tetapi tak perlu jauh-jauh keluar negeri tuk berwisata nonton lomba marathon. Di Indonesia pun ada beberapa acara marathon yang istimewa buat disaksikan. Dalam waktu tidak lama ini, akan digelar Mandiri Jakarta Marathon 25 Oktober 2017. Ini merupakan ketiga kalinya digelar event lomba lari marathon internasional Jakarta. Tahun ini petugas penyelenggara membidik 15 ribu partisipan. Mandiri Jakarta Marathon bakal melewati jalan-jalan utama Jakarta mulai kawasan Monas hingga ke Kota Tua. Lalu rutenya ke Jln MH Thamrin, Jln HR Rasuna Said, Jln Gatot Subroto, hingga kawasan Senayan lalu balik lagi ke Monas. Jangan lewatkan menonton ya travelers!

Leave a Reply

Your email address will not be published.