Jose Mourinho dan Pep Guardiola dari dulu hingga sekarang adalah rival yang tidak pernah berhenti karena mereka adalah pelatih yang tempramen dan memiliki strategi ‘unik’. Tapi disini akan dibahan rivalitas mereka dalam deretan pertandingan kunci antara Jose Mourinho dengan Pep Guardiola.

  1. Kemenangan Terbesar Mourinho. Season 2009/2010 bisa disebut sebagai salah satu momen berkelas Jose Mourinho dalam karir Manajerialnya. Dirinya sukses membawa Inter Milan meraih treble Winners untuk pertama kalinya didalam sejarah team mereka. Salah satu pertemuan terpenting yang memilih treble Winners tersebut ialah partai semifinal kontra Barca. Sempat tak diunggulkan melawan Barca, namun Jose Mourinho berhasil membawa anak asuhnya meraih keunggulan di Giuseppe Meazza dengan agregat 3-1.
  2. Kemenangan Terbesar Guardiola. Tanggal 29 November 2010 bisa saja akan menjadi laga yang tidak akan dilupakan oleh Barca. Karena pada hari itu, mereka sukses menghancurkan rival abadi nya, Real Madrid dalam pertandingan El Clasico dengan agregat telak 5-0. Kemenangan ini boleh dibilang sebagai balas dendam yang nyata untuk Guardiola. Pertandingan Terketat Kedua Manajer – Barcelona 1-0 Inter Milan, Leg Kedua Semi Final Liga Champions 2010 Dalam sejarah pertandingan kedua manajer, pertemuan ini bisa dikatakan menjadi pertandingan dengan gol tersedikit yang terbuat. Tapi intensitas pertemuan ini bisa dibilang sebagai pertandingan terintens sepanjang perjalanan rivalitas Guardiola-Mourinho. Tertinggal 3-1 di leg pertama, Guardiola berhasrat mengantar anak asuhnya untuk membalikkan skor di Camp Nou.
  3. Pertandingan Dengan Tensi Tertinggi – Real Madrid 0 – 2 Barcelona, Leg Pertama Semi Final Liga Champions 2011/2012. Jika ada pertemuan yang bisa dikatakan pertemuan terpanas antara Jose Mourinho dan Pep Guardiola, maka pertandingan Leg awal Liga Champions 2011/2012 bisa jadi jawabannya. Panasnya tensi pertarungan dimulai dari perang urat syaraf kedua manager pada jumpa pers menjelang pertandingan berlangsung. Jalannya pertarungan juga berlangsung dengan panas, sehingga Pepe musti dikeluarkan dari lapangan pada menit ke 60 karna menerima kartu merah.
  4. Pertandingan Paling Kontroversial – Barcelona 3 – 2 Real madrid, Leg kedua Supercopa De Espana 2011. Jika laga sebelumnya bisa disebut sebagai laga dengan tensi tertinggi, maka laga paling kontroversial diantara Mourinho dan Pep terwujud pada tahun 2011, pastinya pada tanggal 17 Agustus 2011. Pada laga tersebut, Barca dan Real Madrid sama-sama bertemu pada leg pertama Supercopa de Espana.
  5. Pertandingan Paling Membosankan – Inter Milan 0 – 0 Barcelona, Fase Grup Liga Champions 2009/2010. Pertarungan antara kedua pelatih ini selalu diidentikkan dengan pertarungan yang panas dan penuh dengan drama, Akan tetapi pada titik awal laga kedua Manajer tersukses di era modern ini, boleh dikatakan jauh dari kata panas. Kedua manajer ini saling berjumpa untuk pertama kalinya pada laga grup Liga Champions 2009/2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published.